Tahapan Skincare Remaja


Saat masuk usia remaja, pasti ada banyak hal yang dialami untuk pertama kali, mulai dari pacar pertama hingga jerawat pertama. Ya, kondisi kulit memang akan berubah saat masuk usia pubertas karena jadi lebih gampang berjerawat dan berminyak. Karena itu kita perlu mulai memperhatikan kesehatan kulit dengan menggunakan skincare TEENNEGERS

Sebelumnya kita perkenalan dulu apa sih skincare itu?

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit atau serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, untuk meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit. Skincare dapat mencakup nutrisi bagi kulit hingga menghindari dampak negatif dari paparan sinar matahari yang berlebihan. jadi udah tau kan skincare itu apa!

Namun sebelum kita melakukan perawatan kulit atau menggunakan skincare ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang kita miliki. Sebab, dilansir dari laman Healthline jika kita menggunakan produk yang salah dan tidak sesuai dengan jenis kulit kita maka dapat memperburuk masalh kulit yang kita alami loh!

Macam-macam jenis kulit

• Kulit normal

Kulit yang berjenis normal, teksturnya terlihat halus dan lembut. Selain itu, tidak juga muncul bintik-bintik merah dan tidak ada kulit yang terlihat yang memerah dan mengelupas.

• Kulit berminyak

Kalau Anda punya kulit yang berminyak, maka kulit akan terlihat mengkilap dan pori-pori pun terlihat besar. Kulit berminyak membuat jerawat dan komedo jadi lebih mudah muncul.

• Kulit kering

Kulit kering kadang agak sulit dibedakan dari jenis kulit normal. Namun jika disentuh, kulit akan terasa kasar. Biasanya, kulit yang kering jadi mudah mengelupas dan sering terasa gatal.

• Kulit kombinasi

Lalu pada kulit kombinasi, area dahi dan hidung atau yang lebih dikenal sebagai area T-zone akan terlihat berminyak dan area lainnya seperti pipi, terlihat kering.

Setelah mengetahui jenis kulit Anda, maka pilihlah produk perawatan kulit yang memang sesuai. Biasanya, di kemasan setiap produk perawatan kulit tertulis bahwa produk tersebut ditujukan untuk kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi.

Jika kita sudah mengetahui jenis kulit yang kita miliki, maka rutinitas perawatan kulit sehari-hari dapat membantu kita menjaga kesehatan kulit kita bestie!

Rutinitas perawatan kulit harian memiliki lima langkah dasar yang dapat kita lakukan loh! Dimulai dari pagi hari sampai malam hari Ketika kita akan tidur. Berikut adalah langkah perawatan kulit atau penggunaan skincare yang dapat kita lakukan teenager

1. PENGGUNAAN CLEANSER

Cleanser adalah sabun pencuci muka. Biasanya nama lainnya bisa facial foam, facial wash, atau menyesuaikan dengan teksturnya seperti facial gel, facial cream, dan lainnya.

Ini adalah produk yang paling penting karena fungsinya untuk mengangkat kotoran dan minyak yang ada di muka. Dalam hal ini penggunaan cleanser di atas hanya pada wajah yang tanpa makeup.

Jika kamu menggunakan makeup seperti foundation, bb cream, dan bedak padat maka sebelumnya harus menggunakan cleanser dengan tipe yang lain seperti cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing oil.

Kenapa? Karena menggunakan facial foam saja belum bisa mengangkat makeup tersebut. Kalau tidak dibersihkan terlebih dahulu maka akan besar kemungkinan pori-pori tertutup.

2. PENGGUNAAN TONER

toner dikenal sebagai produk perawatan kulit yang fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah.

Perlu kalian tau Membersihkan kulit wajah dengan sabun wajah saja tidak cukup. Agar semua kotoran dan minyak di kulit wajah terangkat sempurna, diperlukan rangkaian perawatan yang salah satunya adalah dengan penggunaan toner ini ya! Oh ya jenis toner juga bnyak lohhh! Tapi gak bakal aku bahaS disini ya heehe:D

3. SERUM

Serum dengan vitamin C atau faktor pertumbuhan atau peptida akan lebih baik digunakan pada pagi hari, di bawah tabir surya. Sedangkan di malam hari, serum dengan bahan retinol atau retinoid akan bekerja paling baik.

4. PENGGUNAAN MOISTURIZER

Selanjutnya adalah tahap menggunakan pelembap. Dimana pelembap ini adalah produk yang sangat penting di dalam tahapan menggunakan skincare.

Apapun jenis kulitnya, pelembap tetap perlu digunakan sebab produk ini akan membantu menghidrasi dan menutrisi kulit. Pilihlah pelembap yang berbahan ringan dan tidak mengandung minyak Yaa.

5. SUN SCREEN

Langkah terakhir ini juga tidak kalah penting untuk dilakukan, yaitu menggunakan sun screen. Penggunaan skincare ini penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.

Pintar-pintarlah mencari sunscreen yang tidak lengket pada kulit. Dan gunakan sunscreen berdasarkan SPF-nya yang sesuai.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Riview N’PURE Marigold Eye Serum Power Concentrate

Bikin Blog yuk!